Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon

VGA, NVIDIA, ATI RADEON
Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon
Lintas Informatika - Bagi kalian para gamers atau yang suka ngutak atik VGA suatu PC pasti sudah tidak asing lagi dengan VGA NVIDIA dan ATI Radeon ini bukan ? Yup, NVIDIA dan Ati Radeon merupakan kartu grafis atau VGA Card yang populer saat ini dan banyak digunakna oleh gamers. Kartu grafis terbaik menghasilkan kualitas gambar terbaik - penting jika Anda sedikit lebih tahu akan perkembangan kartu grafis ini. Bahkan jika aplikasi Anda sedikit lebih berat seperti program Autocad , 3d Max, dsb , hasil pekerjaan Anda akan sesuai dengan kualitas kartu grafis yang anda pakai. Perkembangan kartu grafis yang berkualitas tinggi telah memberikan banyak pengguna PC pilihan untuk upgrade kartu grafisnya dari dua pemasok paling populer telah ATI dan Nvidia. Tapi manakah yang lebih baik ? Berikut saya berikan ulasannya.

1. Dari segi pasar,ATI Radeon menawarkan harga yang miring dan performa yang tidak main-main. Intinya,ATI menargetkan User dengan kelas Low-Mid End. Sedangkan NVIDIA lebih mengutamakan Mid-High End dengan performa Edan mereka.

2. ATI dan NVIDIA punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.ATI punya lebih banyak shaderproc,yang hebat untuk kalkulasi shading yang rumit,seperti DX10.Sedang NVIDIA punya texturing unit yang melimpah,sehingga settingan grafis ultra pada game tidak terlalu ngefek ke performanya.

3. Raw performance GPU ATI lebih bagus dari  NVIDIA,tentunya karena Shaderproc-nya lebih banyak.Sedang NVIDIA,CPU harus memberi lebih banyak data untuk setiap Shaderproc-nya. Inilah sebabnya,kalau ATI dan NVIDIA dibandingkan pada settingan low,NVIDIA unggul. Sedangkan kalo settingan maksimal ultra-high semua,ATI jauh lebih unggul daripada NVIDIA.

Persaingan Kelam NVIDIA

Pada tahun 2003,NVIDIA meluncurkan GeForce FX 5000 yang payah kinerjanya.Kemudian, NVIDIA memberikan solusi dengan menurunkan kualitas gambar.Hal ini semakin mencoreng kualitas produk mereka.Sementara GPU andalan ATI yaitu Radeon 9000,terbukti mampu mengalahkan GeForce FX dari sisi kinerja dan performa.Inilah peluang ATI untuk merebut kepercayaan konsumen dari NVIDIA.

Selang 3 tahun kemudian,NVIDIA mulai bangkit dari keterpurukannya.Dengan peluncuran GeForce 6000 yang mengandalkan Shader Model 3 yang menjadi pijakan NVIDIA untuk mengalahkan ATI dari sisi kualitas gambar.Saat itu,ATI belum support Shader Model 3 sehingga kalah dari NVIDIA.Tahun 2006,ATI mulai support Shader Model 3 juga di seri X1000,sehinga keduanya berada di level yang sama.

Menyadari akan hal ini NVIDIA yang ingin menjaga brand No.1 mereka,mengambil langkah curang.NVIDIA merangkul para programmer dan game developer dengan kocek tebal mereka, sehingga game buatan mereka akan berjalan bagus di NVIDIA,tapi tidak pada VGA ATI. NVIDIA sangat serius dalam konspirasi ini,bagi Anda yang suka gaming,pasti tidak asing dengan logo NVIDIA The Way It's Meant To Be Played (TWIMTBP).Kalao muncul logo ini diawal pembukaan game,bisa dipastikan game tersebut dibuat dengan campur tangan NVIDIA.Sehingga kualitas dan kinerjanya pada GPU lain tidak akan sebaik NVIDIA.

VGA, NVIDIA, ATI RADEON

Berikut perbandingan tampilan antara keduanya pada game yang berlogo TWIMTBP :

Need For Speed Most Wanted (v1.3)
Daylight (siang)

VGA, NVIDIA, ATI RADEON
Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon

Detail objek gedung dan tekstur bukit dengan menggunakan videocard Nvidia terlihat jelas. Sedangkan pada videcard ATI, cahaya silau membuat gedung nyaris tak terlihat yang diakibatkan karena error dalam implementasi HDR/bloom effect. Bahkan tekstur bukit hanya terlihat sebagai warna kuning silau saja.

VGA, NVIDIA, ATI RADEON
Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon

Pada videocard Nvidia, detail Kaca jendela pada gedung pencakar langit masih terlihat meski kacanya memantulkan cahaya matahari. Sedangkan pada videcard ATI, pantulan cahaya matahari terlalu ekstrim sehinga membuat gedung kehilangan detailnya.

VGA, NVIDIA, ATI RADEON
Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon

Dengan menggunkaan videocard Nvidia, dinding gedung-gedung beton merefleksikan pantulan cahaya secara normal, sedangkan pada videocard ATI, dinding gedung-gedung beton seolah bersifat seperti kaca yang merefleksikan pantulan cahaya secara ekstrim, akibatnya objek jadi kehilangan detail.

VGA, NVIDIA, ATI RADEON
Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon

Pada videocard Nvidia ujung jalan masih terlihat jelas, sedangkan pada videocard ATI ujung jalan seringkali tak terlihat karena tersapu silaunya cahaya. Hal inilah yang seringkali dikeluhkan para gamer yang menggunakan videocard ATI, karena kondisi silau ini membuat tikungan di ujung jalan jadi tak terlihat jelas sehingga membuat game lebih susah dimainkan.

Evening (senja)

VGA, NVIDIA, ATI RADEON
Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon

Tampilan pada videocard ATI bertambah parah dan tidak realistis pada kondisi senja. Gedung-gedung terlihat bersinar menyilaukan sekalipun di langit minim cahaya matahari. Sedangkan pada videcard Nvidia, refleksi cahaya yang terpantul di gedung-gedung terlihat natural dan serasi dengan nuansa atmosfir sekitar.

VGA, NVIDIA, ATI RADEON
Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon

Sama seperti contoh gambar sebelumnya, pada videocard Nvidia detail gedung terlihat jelas dan pantulan cahayanya di senja hari terlihat natural, sedangkan pada videocard ATI, gedung-gedung menjadi terlihat aneh dengan cahayanya yang menyilaukan, seolah seperti suasana di planet lain.

VGA, NVIDIA, ATI RADEON
Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon

Refleksi cahaya senja pada kaca gedung terlihat natural pada videocard Nvidia, sedangkan pada videocard ATI gedung-gedug terlihat seolah bersinar denngan refleksi cahaya yang menyilaukan, sehingga terkesan tidak realistis dan kontras dengan suasana atmosfir senja.

VGA, NVIDIA, ATI RADEON
Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon

Pada videocard Nvidia objek-objek dinding beton di sisi kiri terlihat natural. Sedangkan pada videcard ATI, objek-objek dinding beton yang seharusnya tidak bersifat reflektif menjkadi terlihat terang menyilaukan secara ekstrim, membuat suasana menjadi serasa di arena sirkus.

Nah gimana sobat ? udah jelas bukan perbandingan antara VGA NVIDIA dan ATI? NVIDIA memang menang dalam kualitas grafis,itupun berkat menggandeng game developernya. Saat ini,hampir 90% pasar game,terutama yang baru-baru seperti Assasins Creed 3,Borderlands 2, Dishonored,dll yang udah digandeng NVIDIA.
referensi : zulfikar.darululum-ypui.net | reviewland.com

0 Response to "Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon "

Post a Comment